Di ajang Ducati World Première 2021, Ducati baru saja secara resmi memperkenalkan model superbike barunya, SuperSport 950 yang serba baru. Pada dasarnya desain Ducati SuperSport 950 lebih terinspirasi dari Panigale V4, sporty, dinamis dan bertenaga dibanding generasi sebelumnya.

Ducati SuperSport 950

Rancangan

Salah satu perubahan paling mencolok pada SuperSport 950 adalah sistem pencahayaan LED penuh dengan strip pemosisian siang hari yang indah. Intake udara yang terletak di bagian atas motor juga didesain ulang, lebih halus dan kompak. Kaca depan utama juga telah didesain ulang, ramping dan lebih fleksibel, dapat diatur 2 posisi dan membantu meningkatkan aerodinamika. Dari samping, bumper depan motor memiliki slot udara yang diwarisi dari Panigale V4.

Selain itu, sistem kemeja kendaraan juga telah dikerjakan ulang, mencakup sebagian besar detail mekanis yang ada pada motor. Kelihatannya sederhana, tapi ubahan ini menawarkan banyak nilai, niscaya aerodinamis dulu. Selain itu, slot udara ini membantu mengarahkan udara panas dari dalam pendingin ke luar, menghindari pembuangan panas pada kaki pengemudi.

Bingkai

Ducati SuperSport 950 baru dilengkapi dengan kerangka jaring, yang menggunakan mesin sebagai bagian dari struktur sasis. Jaring kawat utama terhubung ke pilar, sementara subframe yang terhubung ke jok belakang juga dipasang ke tiang vertikal. Pengaturan ini memungkinkan para insinyur Ducati untuk membuat sasis yang sangat kompak dan ringan dengan kekakuan torsi yang tinggi, yang hampir menjadi prasyarat untuk motor seperti SuperSport 950. Terima kasih atas perubahan tersebut. Di atas, bobot mencapai 210 kg, lebih ringan 1 kg dari SuperSport generasi pertama.

Garpu depan motor ini berdiameter Marzocchi 43 mm, dapat disetel sepenuhnya secara hidraulik dan dimuat sebelumnya. Bagian belakang dilengkapi dengan peredam kejut Sachs, yang dipasang pada bagian vertikal sasis di satu sisi, sedangkan sisi lainnya dipasang pada lengan ayun. Tentu saja garpu ini bisa disesuaikan. Selain itu, garpu Öhlins asli akan ditemukan pada versi SuperSport 950 S. Rem pada motor juga dipastikan dari Brembo.

Mesin

Ducati SuperSport 950 ditenagai oleh mesin Testastretta 11 ° 937 cm3 yang memenuhi standar emisi Euro 5. Intervensi pada sistem pembuangan dan sistem kontrol mesin tidak mempengaruhi kinerja secara substansial. Kapasitas mesin, khususnya dengan tenaga dan torsi maksimum kendaraan, akan menjadi 110 hp pada 9.000 rpm dan 93 Nm pada 6.500 rpm.

Lebih spesifiknya, pada 3.500 rpm, mesin mencapai 80% torsi maksimumnya. Saat rpm meningkat, nilai torsi meningkat secara pasti dan linier, mencapai maksimum 93 Nm pada 6.500 rpm. Setelah ambang batas ini, kurva torsi menurun secara bertahap, dipertahankan pada nilai di atas 90% hingga mencapai 9.000 rpm, kapasitas mencapai batas maksimum 110 tenaga kuda.

Hal ini sangat masuk akal saat berkendara di jalan raya, karena tenaga selalu dipertahankan di semua kecepatan, kemampuan berakselerasi dengan cepat membantu pengemudi untuk keluar dari tikungan dengan tegas, sekaligus mengurangi perpindahan gigi. bila tidak dibutuhkan. Selain sistem throttle elektronik Ride-by-Wire, SuperSport 950 juga akan dilengkapi dengan perpindahan gigi naik / turun dua arah Ducati Quick Shift (DQS).

Peralatan elektronik

Perlengkapan standar yang dibangun pada SuperSport 950 meliputi:

  • ABS Cornering Bosch
  • Kontrol Traksi Ducati (DTC) EVO
  • Ducati Quick Shift (DQS) naik / turun EVO
  • Ducati Wheelie Control (DWC) EVO

Peralatan elektronik pada kendaraan akan dikelola dengan pengukur inersia 6 sumbu (Inertial Measurent Unit, IMU) yang diproduksi oleh Bosch. Diketahui bahwa IMU beroperasi menggunakan data yang diperoleh dari akselerometer dan giroskop, yang bertanggung jawab untuk terus merekam informasi tentang kemiringan atau sudut rotasi, dengan demikian menginstruksikan sistem lain untuk menyesuaikan bintang. untuk meningkatkan stabilitas kendaraan. Motor tersebut memiliki 3 mode mengemudi, termasuk Sport, Touring dan Urban. Jika perlu, pengguna dapat menyempurnakan parameter yang sesuai dan mengembalikan ke status default jika diperlukan.

Pembaruan lain yang bermanfaat adalah tampilan jam sekarang digantikan oleh layar warna TFT 4,3 inci yang menampilkan lebih banyak informasi dan lebih jelas. Melalui layar ini, pengguna dapat dengan mudah mengatur mode serta mengontrol parameter yang dipasang pada kendaraan. Selain itu, inti dari tampilan adalah Ducati Multimedia System (DMS), yang terhubung ke ponsel Anda melalui Bluetooth sehingga Anda dapat menerima notifikasi dan menyesuaikan musik yang sedang diputar.