Sebagai seorang anak, Anda pasti pernah menulis setidaknya satu esai dengan topik, "Kesehatan adalah Kekayaan." Seiring waktu, pepatah ini tampaknya cukup berlebihan mengingat gaya hidup yang kita jalani saat ini. Mayoritas penduduk milenial bergantung pada pemesanan makanan dari restoran dan menjadikan junk food sebagai barang pokok. Kebangkitan budaya makanan glokal sudah dekat, dan persentase orang yang menghadapi obesitas dan penyakit lain juga meningkat pesat. Selain itu, kebiasaan tambahan seperti merokok dan konsumsi alkohol setelah bekerja menambah risiko kesehatan Anda. Salah satu masalah kesehatan utama yang mengganggu gaya hidup kita adalah dislipidemia.

Dislipidemia

Meskipun dislipidemia adalah penyakit yang muncul sebagian besar dari pilihan gaya hidup, di lain waktu, penyakit ini berasal dari keadaan yang tidak terduga seperti gangguan hormon. Dislipidemia adalah suatu kondisi di mana kadar lipid darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Lipid ini pada dasarnya adalah lemak, yang merupakan komponen penting dalam tubuh. Karena mereka memberikan energi ke sel, mereka sering disebut sebagai 'bahan penyusun kehidupan'. Gejala kondisi ini sulit didiagnosis karena tidak sejelas penyakit lainnya. Sama seperti tekanan darah tinggi, dislipidemia tidak bermanifestasi dalam bentuk gejala yang terlihat dan sering terdeteksi dalam pemeriksaan darah rutin.

Jenis dislipidemia yang paling umum meliputi:


  • Kolesterol jahat atau level tinggi dari low-density lipoprotein (LDL)
  • Kolesterol baik atau kadar HDL (high-density lipoprotein) rendah

Ketika kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah tinggi, timbunan lemak yang dikenal sebagai plak menumpuk di arteri. Pada waktunya, timbunan plak ini mempersempit arteri, sehingga mengeras arteri dan menimbulkan aterosklerosis. Akibatnya, kesehatan kita terancam oleh banyak kondisi kardiovaskular seperti penyakit jantung, serangan jantung, penyakit arteri perifer atau stroke. Au contraire, kadar lipoprotein dan trigliserida densitas tinggi yang rendah berisiko meningkatkan penumpukan lemak di arteri. Menariknya, kadar HDL yang tinggi melindungi jantung dengan membantu menghilangkan penumpukan LDL dari arteri.

Anda mungkin mendengar tentang dislipidemia yang digunakan secara bergantian dengan hiperlipidemia, tetapi itu tidak akurat. Hiperlipidemia mengacu pada trigliserida atau LDL tingkat tinggi. Dislipidemia berhubungan dengan tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari kisaran normal lemak darah tersebut. Selain itu, dislipidemia dibagi menjadi dua jenis - primer dan sekunder. Di satu sisi, dislipidemia primer diturunkan, dan di sisi lain, dislipidemia sekunder berkembang dari penyebab sekunder, seperti obesitas atau diabetes. Meskipun detail yang lebih baik dari silent killer ini mungkin membuat Anda takut, ingatlah pepatah lain, "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Lawan dislipidemia sebelum itu mengalahkan Anda. Bahkan jika Anda terpengaruh, tidak ada kata terlambat untuk mulai melawan.

Berani Diet?

Karena inti masalahnya terletak pada elemen yang mengisi tubuh Anda dengan energi, Anda harus mulai memperhatikan kadar lipid Anda seiring bertambahnya usia. Diet jantung sehat dapat sangat membantu dalam menjaga kadar kolesterol Anda. Metode terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan Anda. Anda dapat mencapai tujuan diet Anda dengan mengurangi persentase produk susu atau memilih pengganti dengan rendah atau tanpa lemak. Anda bahkan dapat membatasi jumlah minyak yang digunakan dalam makanan Anda, atau mencari alternatif yang lebih sehat seperti minyak sayur. Penambahan makanan kaya serat dalam rencana diet Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen.

Olahraga dan diet seimbang sering kali berjalan beriringan. Meskipun olahraga tidak secara langsung membantu Anda mempertahankan kadar kolesterol, terlihat bahwa aktivitas fisik berkontribusi pada penurunan dan pengelolaan berat badan. Peneliti mengkonfirmasi bahwa olahraga memicu beberapa mekanisme biologis yang dapat memfasilitasi kontrol dan regulasi lipid. Misalnya, aktivitas fisik merangsang enzim yang membantu memindahkan LDL atau kolesterol jahat dari aliran darah ke hati. LDL diubah menjadi empedu dan dikeluarkan dari tubuh. Cara lain untuk menurunkan lipid Anda termasuk melengkapi olahraga dengan makanan fungsional tertentu seperti minyak ikan, dedak oat, sterol, dll.

Anda mungkin menyadari fakta bahwa alkohol disaring melalui hati Anda; Namun, tahukah Anda bahwa kolesterol dibuat di tempat yang sama? Inilah sebabnya mengapa alkoholisme atau konsumsi alkohol yang tidak sehat dapat merusak jantung Anda dan, pada akhirnya, kesehatan Anda secara keseluruhan. Meskipun jenis alkohol yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada kadar kolesterol Anda, jantung Anda pada akhirnya dipengaruhi oleh jumlah konsumsinya. Semakin banyak jumlah minuman yang Anda konsumsi secara rutin, semakin tinggi risiko terserang dislipidemia. Selain itu, merokok juga secara langsung berdampak pada kadar kolesterol Anda dan meningkatkan kadar LDL, yang menyebabkan penumpukan plak lilin di arteri Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung yang optimal, sebaiknya hentikan praktik tidak sehat ini sama sekali.

Penelitian menunjukkan bahwa dokter menghadapi tantangan dalam mendorong perubahan gaya hidup pada pasien mereka untuk meningkatkan profil lipid darah dan menjaga risiko kardiovaskular lainnya. Mengadopsi jalur kehidupan baru mungkin tampak sebagai tantangan yang mustahil pada awalnya, tetapi mengembangkan sistem pendukung yang kaku dapat menjadi keuntungan yang signifikan. Meskipun konseling untuk mempromosikan peningkatan aktivitas fisik mungkin berhasil untuk beberapa orang, ahli diet atau dokter pribadi dianggap sebagai pilihan yang lebih baik dan lebih cerdas, karena mereka memiliki kapasitas untuk melakukan analisis mendalam dan lebih memperhatikan Anda. Ingatlah bahwa selain perubahan fisiologis, Anda juga mengalami perubahan psikologis untuk mewujudkan sistem pergantian kehidupan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih dengan bijak.