Manfaat Emosional dari Aktivitas Fisik atau Latihan

Tak perlu dikatakan bahwa kebanyakan orang yang berolahraga banyak memikirkan manfaat fisik dan karenanya cenderung lupa bahwa melakukan hal itu memberi mereka berbagai manfaat emosional juga. Misalnya, kebanyakan pria berolahraga untuk mendapatkan otot six pack dan tanpa lemak yang luar biasa untuk dipamerkan selama musim panas sementara wanita melakukannya untuk mendapatkan tubuh bikini yang benar-benar oke dan sebenarnya diperbolehkan. Namun saya di sini untuk mengingatkan Anda tentang manfaat emosional sehingga lain kali Anda berpikir untuk berhenti dari rezim kebugaran Anda, Anda akan mengingatnya dan mengenakan celana jogging atau pakaian olahraga Anda dan berangkat secepat mungkin. Ada juga manfaat lain dari olahraga tetapi fokusnya di sini hanya pada manfaat emosional dari aktivitas fisik atau olahraga.

Manfaat Emosional dari Aktivitas Fisik atau Latihan

Meredakan kecemasan

Kecemasan adalah suatu kondisi yang dihadapi kebanyakan orang setiap hari. Namun, mereka cenderung mengalami tingkat yang lebih tinggi dari kondisi ini karena mereka cenderung lebih memikirkan hal-hal yang mendorongnya.

Berolahraga dapat membantu mereka mengatasinya karena saat melakukan yoga, berolahraga atau jogging, mereka cenderung memutus siklus dengan berfokus pada tugas yang ada. Selain itu, olahraga atau aktivitas fisik sering kali mengarah pada relaksasi otak dengan menenangkan neuron hiperaktif otak sehingga mengarah pada relaksasi yang memungkinkan individu untuk fokus pada hal-hal yang lebih baik selain hal-hal yang membuat mereka cemas.

Membantu mengatasi depresi

Kebanyakan orang cenderung berasumsi bahwa seseorang dengan kecemasan juga mengalami depresi, tetapi ini adalah dua kondisi yang sangat berbeda. Namun demikian, satu kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa keduanya dapat dipermudah dengan hal yang sama dan itu; aktivitas fisik.

Baik itu yoga, jogging, mengendarai sepeda, berolahraga di gym, atau bentuk olahraga lain apa pun yang cocok untuk Anda, olahraga memiliki kemampuan untuk meredakan depresi dengan membantu Anda mengatasi kekhawatiran. Ini juga membantu meningkatkan jumlah hormon perasaan senang yang dikenal sebagai endorphin yang membuat Anda menjadi orang yang bahagia. Jangan biarkan depresi mengambil alih hidup Anda hari ini .

Aerobik  adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mental.

Mengurangi stres

Mengalami hari yang berat di tempat kerja berdampak membuat Anda tegang secara emosional dan membuat Anda stres. Berurusan dengan bayi yang tidak berhenti menangis bisa membuat Anda lelah secara mental. Singkatnya, ada begitu banyak faktor stres di luar sana yang akan membuat Anda merasa lelah secara mental tetapi jangan meninggalkan ruang untuk mereka tinggal karena inilah yang menyebabkan depresi.

Berjalan-jalan, berlari, atau bentuk aktivitas fisik lainnya yang menarik bagi Anda karena terbukti secara ilmiah bahwa olahraga meredakan stres . Ia melakukannya dengan merangsang pelepasan norepinefrin yang membantu meningkatkan suasana hati Anda dan memungkinkan Anda menyimpan peristiwa yang menyebabkan stres di belakang Anda. Ini juga memicu pelepasan hormon seperti endorfin yang membuat Anda bahagia lagi dan pada saat yang sama membantu Anda memutuskan rantai stres dengan berfokus pada aktivitas yang Anda lakukan.

Meningkatkan harga diri

Pernahkah Anda mencapai satu tujuan yang selalu ingin Anda capai? Jika jawabannya adalah ya maka Anda pasti tahu bagaimana rasa kemenangan dan kemungkinan besar bahwa setelah kesempatan itu Anda merasa sangat baik tentang diri Anda sendiri. Yakin Anda bertanya-tanya ke mana tujuan pembicaraan tentang kemenangan ini, tetapi tahan kudamu akan menjelaskannya.

Aktivitas fisik membantu meningkatkan citra diri Anda. Misalnya, jika Anda memiliki masalah harga diri karena kelebihan berat badan di gym atau melakukan olahraga apa pun akan membantu Anda menyingkirkannya dan dengan demikian Anda akan mulai merasa lebih baik tentang diri sendiri. Ini sering kali datang sebagai paket ganda karena peningkatan harga diri berarti lebih percaya diri.

Selain itu kebugaran jasmani merupakan sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh kebanyakan orang. Tindakan sederhana untuk bangun pagi dan berolahraga tidak lagi sederhana di generasi kita. Itulah mengapa mencapai kebugaran jasmani dapat meningkatkan harga diri Anda karena itu adalah sesuatu yang kebanyakan orang tidak dapat capai namun Anda telah berhasil menandai tonggak ini.

Meningkatkan kehidupan sosial Anda

Kondisi seperti depresi dan kecemasan cenderung mereduksi seseorang menjadi cangkang kesepian yang menyebabkan Anda menjadi introvert ketika sebelumnya Anda menjadi kupu-kupu sosial. Juga memiliki citra diri yang negatif dapat menyebabkan seseorang yang sebelumnya sangat sosial menjadi kurang sosial. Berolahraga membantu Anda memukul tiga burung dengan satu batu karena dapat meredakan depresi dan kecemasan Anda dan pada saat yang sama meningkatkan harga diri Anda sehingga Anda memiliki kepercayaan diri yang secara signifikan memengaruhi kemampuan Anda untuk bersosialisasi dengan orang lain. Itu cenderung meningkatkan kualitas hidup.

Meningkatkan fungsi kognitif

Studi menunjukkan bahwa olahraga berpotensi membuat Anda menjadi orang yang jauh lebih pintar dengan meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan otak Anda. Bagaimana cara melakukannya? Nah, Anda lihat ketika Anda pergi ke gym, melakukan yoga atau bentuk aktivitas fisik lainnya yang Anda sukai, ini cenderung meningkatkan detak jantung Anda yang sebaliknya membantu menciptakan sel-sel otak baru dalam proses yang dikenal sebagai neurogenesis .

Penelitian juga menunjukkan kekuatan otot merupakan indikator kesehatan otak yang lebih baik .

Ini sangat penting karena seiring bertambahnya usia, otak kita tidak lagi menghadapi neurogenesis. Itulah mengapa Anda akan menemukan kebanyakan orang tua cenderung memiliki kondisi mental yang lebih seperti Alzheimer dan sejenisnya. Namun, olahraga membantu mereka menghindari proses yang disebutkan dan dengan demikian meningkatkan fungsi kognitif Anda dengan meningkatkan kejernihan mental.

Kesimpulan

Ada berjuta manfaat emosional yang bisa didapat dari berolahraga. Misalnya, selain di atas, Anda juga dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik jika Anda mengalami kecanduan narkoba karena aktivitas tersebut menawarkan gangguan yang besar. Oleh karena itu, lain kali Anda berkeringat saat berada di gym, ingatlah bahwa Anda mendapatkan manfaat tidak hanya secara fisik tetapi juga secara emosional.

0/Komentar

Lebih baru Lebih lama

DMCA.com Protection Status