7 Tips tentang Cara Tidur Lebih Baik

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesejahteraan seseorang. Meski diremehkan, durasi tidur yang cukup dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan disfungsi fungsi pengaturan tubuh serta kinerja otak yang buruk. Tubuh cenderung sembuh lebih cepat selama tidur dan gangguan apa pun dapat memengaruhi proses ini secara negatif. Orang menderita insomnia karena berbagai penyebab. Namun, ada beberapa hal yang, jika diurus, dapat membantu mendorong tidur.


1. Sesuaikan suhu dan pencahayaan ruangan. 

Anda harus merasa senyaman mungkin untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Suhu ruangan memainkan peran yang sangat penting. Seseorang tidak dapat tidur dalam suhu ekstrim dan mendapatkan tidur terbaik pada suhu optimal sekitar 20 C (bervariasi dari orang ke orang). Disarankan untuk mengatur AC ruangan atau heater pada suhu yang optimal dan tidak nyaman. Faktor penting lainnya adalah pencahayaan ruangan. Tubuh kita mengeluarkan hormon yang disebut Melatonin yang menginduksi tidur. Kegelapan merangsang produksi dan sekresi Melatonin. Menggunakan ponsel dan layar lainnya juga menjadi salah satu penyebab kebiasaan tidur terganggu. Ini karena emisi cahaya biru. Menurunkan kecerahan atau tidak menggunakan layar akan membantu.

2. Tempat tidur yang nyaman, kasur, dan bantal diperlukan untuk tidur nyenyak. 

Kasur tidak boleh terlalu empuk hingga menyebabkan sakit punggung atau terlalu keras hingga menyebabkan ketidaknyamanan. Karena ada berbagai macam kasur yang tersedia saat ini, orang memiliki banyak pilihan untuk dipilih. Seseorang dapat mencari tentang fitur masing-masing jenis dan melakukan perbandingan kasur untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bantal tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ketinggiannya harus cukup untuk menjaga kelengkungan leher yang tepat sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat Anda bangun.

3. Hindari minum cairan tepat sebelum tidur. 

Ini adalah salah satu hal terpenting yang tidak diketahui kebanyakan orang. Meminum air atau cairan apa pun sebelum tidur akan membuat Anda terbangun di tengah malam satu atau beberapa kali. Hal ini mengganggu tidur dan orang tersebut mungkin tidak dapat tidur lagi untuk beberapa waktu, yang menyebabkan kurang tidur. Pastikan untuk mengosongkan kandung kemih sebelum tidur agar Anda tidak perlu bangun di tengah malam untuk buang air kecil.

4. Buatlah jadwal tidur dan makan yang teratur. 

Seseorang harus menetapkan waktu tertentu untuk tidur dan bangun setiap hari. Tubuh terbiasa dengan waktu Anda tidur dan bangun dan mengikutinya. Ini membantu dalam menjaga durasi dan kualitas tidur yang tepat. Tidur pada waktu yang berbeda mengganggu siklus tidur ini dan menyebabkan insomnia. Anda harus menghindari makan tepat sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menjalani diet rendah karbohidrat cenderung tidur lebih cepat. Makan harus diambil setidaknya 3-4 jam sebelum tidur. Ini juga mengatur sistem pencernaan.

5. Berolahraga telah menjadi salah satu kebiasaan sehat yang dapat dilakukan seseorang. 

Berolahraga paling baik dilakukan pada pagi hari. Ini melepaskan hormon yang memberi energi dan memperingatkan orang tersebut. Yoga dan latihan peregangan ringan juga merilekskan tubuh. Namun, berolahraga pada malam atau malam hari tidak disarankan oleh beberapa peneliti. Mereka mengatakan bahwa olahraga merangsang tubuh dan mengatur aliran darah karena sekresi epinefrin dan adrenalin. Ini mengaktifkan tubuh dan menyebabkan terjaga.

6. Menahan diri dari mengonsumsi kafein di malam hari. 

Beberapa orang memiliki kebiasaan minum teh atau kopi di malam hari. Kafein menstimulasi otak dan menjaga sistem saraf tetap aktif, yang menunda tidur dan menyebabkan kegelisahan. Orang yang sulit tidur juga dapat mengonsumsi suplemen seperti lavender, L-Theanine, atau Glycine yang dikombinasikan dengan strategi lain.

7. Mandi / mandi membantu dalam tidur cepat. 

Mandi membuat tubuh rileks dan membantu mengurangi ketegangan otot yang membantu mengatur tidur. Merendam kaki di air asin juga membuat tubuh rileks dan menyebabkan tidur. Anda juga dapat mendengarkan musik lembut yang terdengar menyenangkan dan memberikan efek menenangkan.

Mengikuti saran yang tidak terlalu sulit ini dapat membantu mengatasi masalah tidur / insomnia ringan Anda. Namun, jika masalah Anda masih berlanjut, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menyingkirkan penyebab lainnya.

0/Komentar

Lebih baru Lebih lama

DMCA.com Protection Status