Cara Memulai
Hal pertama yang Anda perlukan untuk memulai adalah akun dengan Google. Jika Anda memiliki akun Gmail maka Anda sudah memiliki akun. Jika tidak, Anda bisa mendaftar ke Akun Google di situs web mereka. Dengan akun baru Anda, Anda dapat masuk ke situs Google Webmaster Tools dan mulai mengonfigurasi situs web untuk dilacak.Sebelum Google dapat menunjukkan kepada Anda informasi pelacakan, Anda perlu memverifikasi kepemilikan situs. Ada panduan di situs Google Webmaster Tools yang memandu Anda melalui proses verifikasi kepemilikan. Di antara beberapa metode verifikasi yang berbeda, satu cara sederhana adalah dengan mengunduh file HTML sederhana dan kemudian mengunggahnya ke direktori root untuk situs web Anda. Ini akan memiliki nama file unik yang mirip Google07ed25be517f5f23.html. Gunakan klien FTP seperti FileZilla untuk mengunggah file kecil ini ke server Anda dan verifikasi Anda selesai. Diperlukan waktu 24 jam sebelum Anda melihat informasi pelacakan muncul di Google Webmaster Tools.
Permintaan Pencarian
Halaman ini berisi daftar permintaan pencarian aktual yang dijalankan di mesin pencari Google tempat situs Anda muncul dalam hasil. Laporan penting ini akan memberi tahu Anda berapa kali hasil Anda ditampilkan untuk kueri (tayangan) serta berapa kali pengguna mengklik hasil Anda (klik melalui).Ini benar-benar cawan suci pemasaran mesin pencari organik. Memiliki konten yang unik dan berkualitas di situs Anda akan menarik banyak pengunjung dan tautan balik. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan ke halaman Anda, semakin tinggi peringkat halaman Anda. Dan ketika peringkat halaman Anda lebih tinggi, itu muncul lebih dekat bagian atas hasil pencarian untuk istilah yang relevan yang terkandung di halaman web Anda.
Tautan ke Halaman Situs Anda
Laporan ini menunjukkan semua backlink ke situs web Anda. Ini adalah tautan balik ke situs Anda menurut Google. Setiap mesin pencari menggunakan algoritma yang berbeda untuk menentukan berapa banyak backlink ke situs Anda. Google terkenal karena menolak sejumlah besar backlink jika mereka merasa bahwa tautan dibayar atau diperdagangkan hanya untuk tujuan meningkatkan peringkat halaman.Kata kunci
Laporan kata kunci benar-benar memberikan wawasan webmaster yang tajam tentang cara Google melihat situs web Anda. Ini akan memberi tahu Anda kata kunci mana yang mendominasi semua halaman konten di situs web Anda. Selain itu, Anda dapat melihat laporan terperinci yang memberi tahu Anda halaman konten mana yang memiliki peringkat terkuat untuk setiap kata kunci. Untuk setiap halaman, Anda akan melihat berapa kali kata kunci muncul pada setiap halaman.Tautan Internal
Tautan Internal memberi Anda ringkasan tentang bagaimana halaman terhubung secara internal. Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain dalam situs web yang sama. Google menggunakan jenis tautan ini untuk menentukan tingkat kepentingan relatif dari halaman dalam suatu situs. Jenis tautan ini tidak dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat halaman suatu halaman web, hanya untuk menunjukkan seberapa penting webmaster menilai mereka relatif terhadap halaman lain.Malware
Kadang-kadang, sebuah situs web diretas oleh individu jahat. Adalah tanggung jawab Anda sebagai seorang webmaster untuk memastikan bahwa peretas dihentikan, atau setidaknya, setiap malware yang ditempatkan di situs Anda dihapus dengan cepat. Laporan Malware akan menampilkan daftar halaman dengan kemungkinan malware. Anda harus memeriksa laporan ini secara teratur untuk memastikan situs Anda bersih.Kesalahan Perayapan
Laporan Kesalahan Perayapan menampilkan kesalahan yang ditemui laba-laba Google saat mencoba membaca halaman web di situs Anda. Halaman ini penting untuk mengidentifikasi kesalahan pada situs Anda. Terkadang, kesalahan pada halaman ini akan sesederhana masalah batas waktu yang berarti halaman terlalu lama untuk memuat. Jika Anda melihat Kesalahan ServerStatistik Perayapan
Laporan Statistik Perayapan memberi Anda beberapa grafik bermanfaat yang menunjukkan seberapa sering laba-laba Google mengunjungi situs Anda. Untuk situs populer, laba-laba akan mengunjungi setiap hari. Google memiliki laba-laba pencarian yang sangat kuat yang tidak memiliki masalah mengunjungi ratusan juta situs setiap hari. Anda dapat memasukkan sitemap ke situs Anda untuk menunjukkan kepada Google spider bagaimana konten di situs Anda harus diindeks.Saran HTML
Laporan Saran HTML berisi daftar masalah yang dapat memengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Webmaster harus memperhatikan laporan ini dengan baik, karena semua informasi di sini dirancang khusus untuk membantu peringkat situs Anda lebih baik. Ini tidak hanya akan membantu peringkat mesin pencari Anda dengan Google, tetapi juga dengan semua mesin pencari lainnya.Ini memberikan informasi seperti "Deskripsi meta duplikat" dan "Deskripsi Meta Pendek". Webmaster juga harus menggunakan Layanan Validasi W3C yang akan memeriksa HTML dan CSS Anda untuk setiap markup atau kesalahan non-standar yang dapat menyebabkan masalah dengan mesin pencari. Cari spider seperti markup bersih dan terstandarisasi yang terbentuk dengan baik.
Peta Situs
Peta Situs adalah file XML yang berisi URL semua konten di situs web yang harus dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari. Mereka tidak hanya mencantumkan semua URL yang mungkin, tetapi mereka juga menyertakan informasi seperti kapan file terakhir diubah, seberapa sering Anda mengharapkan halaman web diubah dan prioritas yang menunjukkan pentingnya halaman dalam seluruh situs.Google Webmaster Tools akan memberi tahu Anda berapa banyak URL dari Peta Situs telah dikirimkan dan juga berapa banyak yang telah dimasukkan dalam indeks (mesin pencari Google). Jika ada kesalahan dengan peta situs, ini akan ditampilkan juga.
Posting Komentar